Efek Kurang Tidur

Kadang saat saya terjaga di tengah malam, saya suka iseng online di FB, myspace dan situs-situs lainnya. nYang paling menarik sih ketika saya baca status FB teman-teman. Hampir keseluruhan status berbunyi : tidak bisa tidur, ngantuk tapi mata tak mau terpejam, INSOMNIA, dan lain sebagainya…

Saya jadi bertanya-tanya : kenapa ya? apa ada dampaknya kalo susah tidur? untunglah ketemu jawabannya di bawah ini :

Banyaknya aktivitas yang dijalani remaja membuat kebanyakan dari mereka mengalami masalah kurang tidur. Berdasarkan penelitian, rata-rata remaja masa kini hanya mendapatkan waktu istirahat di malam hari paling lama sekitar 4 jam. Padahal idealnya di usia remaja, perlu mendapatkan tidur cukup selama 9 jam setiap malam.

Menurut para ahli, remaja yang tidak mendapatkan istirahat yang cukup bisa mengalami kondisi  mengkhawatirkan seperti murung , pencemberut dan tidak komunikatif. Para ahli pun menyarankan untuk segera mengatasi masalah ini, terutama jika remaja di sekolah lebih sering menjadi pemarah.

Seperti dikutip dari laman dailymail.co.uk, saat ini pelajaran tentang kualitas tidur telah dilakukan di beberapa sekolah di Inggris. Para murid diminta untuk meletakkan gadget milik mereka, seperti ponsel, laptop, atau video games saat waktu tidur, yaitu sekitar pukul 9 atau 10 malam.

Jane Ansell, pakar masalah pola tidur dari Sleep Scotland, berkata: “Anda tidak akan mengirim buah hati ke sekolah tanpa mendapatkan asupan makanan yang cukup. Jadi, mengapa membiarkan mereka sekolah tanpa waktu tidur yang cukup?”

Ahli tidur independen Dr. Neil Stanley juga menyerukan, “Pemerintah menghabiskan jutaan pound untuk mengajar anak-anak tentang diet dan olah raga. Sayangnya, tidur menjadi pelajaran yang ditinggalkan,” katanya.

Sleep Scotland, merupakan badan amal yang melakukan uji coba di Glasgow, mereka menyatakan bahwa tidur nyenyak meningkatkan kinerja akademik dan kecakapan olahraga.Kurang tidur tidak hanya mengarahkan remaja menjadi sosok emosional, tapi juga dapat meningkatkan risiko obesitas, depresi, masalah perhatian dan hiperaktivitas.

So, jangan begadang terus yaaaaa🙂

Sumber : vivanews.com

About rika novyanti

great, funny, tough, wonderful, but I am not wonder woman.... View all posts by rika novyanti

6 responses to “Efek Kurang Tidur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: