Tips hemat belanja

Perlu Anda pahami, banyak orang sering merasa cemas ketika melihat kondisi keuangan yang tidak seimbang dengan jumlah barang yang mereka beli. Bahkan, seringkali barang yang dibeli bukanlah kebutuhan mendesak, atau yang belum diperlukan.

Cermat saat berbelanja sangat penting untuk Anda terapkan. Cara ini bisa berguna untuk mengontrol kondisi dompet Anda ketika berbelanja. Apalagi jika Anda tergolong penggila belanja. Karena itu, bagi Anda yang sering mengalami hal ini, simak tips berbelanja hemat dan cermat berikut ini:

  1. Membayar dengan uang tunai. Membayar dengan cara ini bisa mengendalikan Anda berbelanja dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit. Akan lebih baik lagi, Anda tahu jumlah anggaran yang Anda miliki sebelum pergi berbelanja. Dengan mengetahui isi dompet, Anda bisa mengendalikan nafsu belanja Anda.
  2. Prioritaskan kebutuhan
    Seringkali ketika berbelanja, Anda menemukan barang yang tidak diperlukan. Apalagi banyak pernak-pernik atau aksesori yang menarik perhatian Anda. Jika tidak di-‘rem’, pengeluaran Anda bisa tak terkontrol. Jadi, cobalah menuliskan barang yang akan Anda beli sebelum berangkat berbelanja.
  3. Jangan membeli beberapa jenis kebutuhan belanja dalam satu waktu
    Misalnya, jika Anda hari ini menjadwalkan akan belanja bulanan, sebaiknya rencana untuk membeli sepatu baru Anda lakukan di waktu lain. Jika banyak hal yang ingin dibeli, hal ini bisa mengacaukan fokus dalam berbelanja. Akibatnya, Anda bisa membeli barang yang tidak diperlukan.
  4. Belilah barang dengan merk toko. Beberapa toko tertentu menjual bahan-bahan makanan pokok dengan merk toko, yang tentu saj harganya jauh lebih miring dibandingkan merk terkenal.
  5. Lihatlah rak di bagian bawah untuk jenis produk yang sama sebagai pembanding, biasanya harga barang di rak yang terbawah akan lebih murah daripada harga  barang di rak atas
  6. Jika kita terpaksa untuk mengajak si kecil berbelanja, ajarkan dia untuk membatsi belanjaannya juga. Contohnya saat saya bersama si kecil belanja di supermarket, saya hanya membolehkan dia membeli 1 mainan saja di antara sekian banyak mainan yang dia minta. Ini juga berguna untuk mengajari anak skala prioritas lho…
  7. Kendalikan diri dan ingatkan selalu diri Anda, bahwa masih banyak kebutuhan lain yang juga penting. Seperti, membayar listrik, telepon, air dan biaya anak sekolah.

So, selamat berbelanja ya….

About rika novyanti

great, funny, tough, wonderful, but I am not wonder woman.... View all posts by rika novyanti

2 responses to “Tips hemat belanja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: