Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan

Dalam setiap kelompok atau organisasi , baik organisasi sosial politik maupun organisasi profesi dibutuhkan seseorang yang paling berpengaruh untuk mengendalikan jalannya roda organisasi yang bersangkutan. Orang yang paling berpengaruh yang dimaksud adalah orang yang mempunyai kelebihan kemampuan dibandingkan dengan yang lain, sehingga dapat dapat menjadi panutan dan ikutan atau pemimpin. Kepemimpinan tidak hanya pada level top, tetapi pada setian level yang ada di organisasi (Yukl, 2001:1)

Keberhasilan pencapaian tujuan dari suatu organisasi selalu dihubungkan dengan kemampuan kepemimpinan dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya. Kepemimpinan merupakan faktor yang  sangat penting dalam mempengaruhi prestasi organisasi, bahkan kepemimpinan merupakan aktivitas yang utama dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Menurut Gibson, dkk (1997 :5) bahwa kepemimpinan adalah suatu usaha menggunakan suatu gaya mempengaruhi dan tidak memaksa untuk memotivasi individu untuk mencapai tujuan.

Sedangkan Paul dan Dean (2002: 178) berpendapat bahwa kepemimpinan melibatkan seperangkat interpersonal yang mempengaruhi proses. Proses ini ditujukan untuk memotivasi bawahan, menetapkan suatu visi untuk masa yang akan dating, dan pengembangan strategi untuk pencapaian tujuan.

Secara umum, kepemimpinan didefinisikan sebagaikemampuan untuk mempengaruhi sebuah kelompok kearah tercapainya tujuan (Robbins : 1996). Sumber pengaruh ini bisa formal, seperti misalnya yang disediakan oleh kepemilikan manajerial dalam suatu organisasi, karena posisi manajemen muncul bersama suatu wewenang yang ditujukan secara formal, seseorang dapat menjalankan suatu peran kepemimpinan semata-mata karena kedudukannya dalam organisasi itu. Di lain pihak, ada juga seseorang yang memiliki kecakapan dalam bidang tertentu diangkat sebagai pemimpin. Namun yang perlu dicatat disini adalah bahwa pemimpin diangkat agar dapat mengarahkan pengikutnya dalam mencapai tujuan bersama

Dari beberapa definisi kepemimpinan di atas dapat di ambil satu kesimpulan bahwa kepemimpinan merupakan suatu proses untuk mengorganisir dan mempengaruhi orang lain (bawahan)  untuk melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Proses tersebut mengandung unsur-unsur sebagai berikut : (1) adanya pemimpin (2) bagaimana ia memimpin (3) ada bawahan atau kelompok yang dipimpin dan (4) adanya tujuan atau arah yang akan dicapai.

Peran Kepemimpinan atau manajerial

Gibson, dkk (1997 : 2) mengemukakan bahwa “tidak ada satu factor pun yang memberikan lebih banyak manfaat terhadap sebuah organisasi daripada kepemimpinan yang efektif”. Dalam setiap organisasi pemimpin diperlukan untuk menentukan tujuan, mengalokasikan sumber daya yang langka, memfokuskan perhatian pada tujuan-tujuan perusahaan, mengkoordinasikan perubahan, membina kontak antar pribadi dengan pengikutnya, menetapkan arah yang benar atau yang paling baik bila kegagalan terjadi.

Yukl (1998) menyatakan peran kepemimpinan/ manajerial  adalah sebagai berikut :

  1. memberi, mencari informasi, yang meliputi memonitor, menjelaskan, dan menginformasikan.
  2. Membangun hubungan, meliputi membentuk jaringan, membangun tim dan mengelola konflik, mengembangkan, membimbing dan mendukung.
  3. Mempengaruhi orang lain, yang meliputi memberi imbalan, mengakui dan memotivasi, serta memberi inspirasi.
  4. Membuat keputusan, meliputi merencanakan, memecahkan masalah, berkonsultasi dan mendelegasikan.

Gaya Kepemimpinan

Dari uraian di atas, jelas terlihat bahwa pemimpin harus memiliki sifat-sifat yang unggul dan mampu menempatkan posisi secara efektif terhadap hubungan yang terjalin antara sesama anggota atau antar kelompok, serta mampu menghadapi masalah dalam kondisi dan situasi yang ada dalam organisasinya.

Dalam usaha mempengaruhi orang-orang yang dipimpinnya agar bersedia melakukan tugas dan pekerjaan dengan baik, maka seorang pemimpin mempunyai gaya dan cara tersendiri dalam menghadapi bawahannya. Menurut Thoha (2003:49) gaya kepemimpinan adalah sekumpulan ciri yang digunakan pimpinan untuk mempengaruhi bawahan agar sasaran organisasi tercapai atau  dapat pula dikatakan bahwa gaya kepemimpinan adalah pola perilaku dan strategi yang disukai dan sering diterapkan oleh seorang pemimpin. Gaya kepemimpinan yang paling tepat adalah gaya yang dapat meaksimalkan produktivitas, kepuasan kerja, pertumbuhan dan menyesuaikan dengan segala situasi yang ada.

Teori perilaku menekankan pada dua gaya kepemimpinan, yaitu gaya kepemimpinan tugas (task orientation) dan orientasi pada karyawan. Orientasi tugas adalah perilaku kepemimpinan yang menekankan pada tugas-tugas harus dilaksanakan dengan baik, dengan cara mengarahkan dan mengndalikan dengan ketat terhadap bawahan. Orientasi karyawan adalah perilaku kepemimpinan yang menekankan pada : pemberian motivasi pada bawahan, melibatkan bawahan pada proses pengambilan keputusan, hubungan yang bersahabat, saling percaya dan saling menghormati.

Di lain pihak, Universitas Michigan dalam penelitiannya membedakan dua gaya kepemimpinan, yaitu gaya kepemimpinan pemusatan tugas (job centered) dan gaya kepemimpinan pemusatan karyawan (employee centered).

  1. Gaya kepemimpinan pemusatan tugas menekankan pada penggunaan supervisi kekuatan legitimasi dan paksaan, menepati jadwal waktu, dan penilaian prestasi kerja yang ketat.
  2. Gaya kepemimpinan pemusatan karyawan penekanannya terfokus pada delegasi wewenang dan tanggung jawab serta memperhatikan kesejahteraan karyawan.

Hersey dan Blanchard (1992) menggambarkan ada empat gaya kepemimpinan :

  1. Gaya penjelasan/instruksi (telling)
  2. Gaya menjual/konsultasi (selling style)
  3. Gaya partisipasi (participating style)
  4. Gaya pendelegasian (delegating style)

About rika novyanti

great, funny, tough, wonderful, but I am not wonder woman.... View all posts by rika novyanti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: