Tips menyimpan makanan agar tetap awet dan segar

Buat ibu-ibu bekerja ataupun ibu rumah tangga, belanja kebutuhan makan keluarga merupakan bagian tak terpisahkan dari rutinitas sehari-hari yang selalu dihadapi. Saya teringat ucapan salah seorang teman saya yang mengatakan bahwa suaminya selalu menginginkan buah dan sayuran segar di meja makan setiap harinya. Bagi ibu rumah tangga biasa sih mungkin hal tersebut tidak masalah karena bisa ke pasar setiap hari, tapi bagi teman saya yang wanita karir hal itu agak memakan waktu, karenanya saya menyarankan padanya untuk menyiasati cara penyimpanan buah dan sayur agar bisa bertahan lama dan tetap segar. Berikut adalah tips yang saya berikan pada teman saya yang saya tambahkan juga dengan beberapa tips dari berbagai sumber :

  1. Pilih buah dan sayur yang bermutu baik. Untuk menghindari pembusukkan, sebelum disimpan dalam lemari pendingin bersihkan terlebih dahulu sayur dan buah, lalu cuci hingga benar – benar bersih.
  2. Bila tidak segera dimasak dalam 1 – 2 hari, simpanlah bahan makanan yang mudah rusak di dalam bagian pembekuan (freezer).
  3. Wadah untuk pembekuan dapat berupa kantung atau kotak plastik, kertas selofan, wadah logam. Wadah harus kedap udara agar tidak terjadi oksidasi bahan selama penyimpanan.
  4. Simpan sesuai temperature
    Kita umumnya menyimpan semua buah dan sayuran di dalam kulkas. Padahal buah dan sayuran tertentu justru rusak jika disimpan di dalam temperature dingin. Contohnya labu, tomat dan jeruk.
  5. Simpan produk kering di kulkas
    Produk kering seperti terigu, maizena, padi-padian (grain) cenderung mengundang serangga yang merusaknya sehingga tak bisa dipakai lagi. Untuk mencegah kerusakan simpan di dalam kulkas atau freezer yang membuatnya aman dari hama.
  6. Simpan buah dan sayuran secara terpisah
    Kita sering menyimpan buah bersama dengan sayuran di dalam kotak crisper di dalam kulkas. Beberapa jenis buah, termasuk apel, mengeluarkan gas yang disebut ethylene. Gas ini membuat sayuran lebih cepat matang. Jadi, simpan buah dan sayuran secara terpisah sehingga sayuran tidak cepat matang.
  7. Sayuran seperti wortel, labu siam, kol, brokoli dan buncis bisa ditempatkan dalam satu kantong plastik sekaligus. Untuk sayuran berdaun seperti bayam dan kangkung, siangi terlebih dahulu lalu masukkan dalam kantong atau wadah plastik.
  8. Bumbu dapur segar seperti jahe, lengkuas dan kunyit dapat dibungkus dengan alumunium foil secara terpisah.

Semoga bermanfaat….ย ย ๐Ÿ™‚

๏ปฟ

About rika novyanti

great, funny, tough, wonderful, but I am not wonder woman.... View all posts by rika novyanti

10 responses to “Tips menyimpan makanan agar tetap awet dan segar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: