Sistem Geografis

Sistem Geografis adalah sistem penyimpanan dokumen yang berdasarkan kepada pengelompokan menurut nama tempat. Sistem ini sering juga disebut sistem lokasi atau sistem nama tempat. Adapun nama-nama tempat yang biasa dipergunakan tidak hanya seperti pembagian pada ilmu bumi saja, tetapi dapat juga berupa pembagian-pembagian khusus dari instansi masing-masing, contohnya pembagian wilayah suatu bank atau AURI.

Sesuai dengan kebutuhan, sistem geografis dapat dikelola menurut 3 tingkatan, yaitu :

  1. menurut nama-nama negara.

Pada sistem geografis dengan pembagian ini, surat dan dokumen yang diterima dari berbagai negara akan dimasukkan dalam map dengan label nama negara yang bersangkutan.

  1. menurut wilayah administrasi negara, maksudnya adalah pembagian nama tempat atau wilayah yang berdasarkan pada pembagian wilayah byang umum digunakan sebagai bagian dari administrasi suatu negara. Pembagian tersebut dapat dalam bentuk negara bagian (state) dan kota (city),  atau provinsi dan kotamadya.
  2. pembagian wilayah administrasi khusus adalah pembagian wilayah administrasi instansi yang berdasarkan pembagian wilayah untuk kepentingan administrasi tertentu, misalnya pembagian wilayah administrasi bank, angkatan udara, angkatan laut dsb. Di sini, surat yang disimpan mula-mula diletakkan di dalam map yang sesuai dengan wilayah masing-masing. Map-map disusun berdasarkan abjad dari nama wilayah

Prosedur Penyimpanan dari sistem geografis secara umum terdiri dari 5 langkah, yaitu memeriksa, mengindeks, mengkode, menyortir dan menempatkan arsip pada tempat penyimpanan.

About rika novyanti

great, funny, tough, wonderful, but I am not wonder woman.... View all posts by rika novyanti

One response to “Sistem Geografis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: